Yuk, Cari Tahu Apa Saja Macam-Macam Energi Paling Best

Macam-Macam Energi

Jangan sampai kamu tidak tahu apa saja macam-macam energi kimia yang ada disekitar kita, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Energi berperan penting dalam berbagai aktivitas maupun proses kehidupan. Itulah mengapa kita harus bisa menghemat serta memanfaatkan energi dengan baik. Namun tahukah Anda apa saja macam-macam energi yang ada? Jika menilik macam-macam energi dalam fisika, maka hanya ada tiga jenisnya. Energi kinetik, mekanik, dan juga potensial. Namun yang berperan pada setiap aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa macam energi beserta perubahannya berperan di sana.

Macam-macam Energi Dalam Aktivitas Sehari-hari

Sebagaimana kita ketahui dalam hukum kekekalan energi, bahwa energi atau tenaga tidak bisa dibuat ataupun dihilangkan tetapi bisa berubah. Nah, dari perubahan energi tersebut ada banyak usaha serta proses bisa berjalan. Tentunya bersumber dari berbagai macam-macam energi yang antara lain seperti:

  1. Kinetik
    Pertama ada energi yang lebih familiar dengan sebutan energi gerak tetapi ada juga yang menyebutnya kinetik. Jenis energi ini, berperan pada proses perpindahan tempat yang berhubungan langsung dengan massa serta kecepatan. Dalam perubahannya, Anda bisa melihat kendaraan yang bergerak ataupun aktivitas berjalan serta berlari sebagai contohnya. Ketika Anda ataupun kendaraan melaju lebih cepat, artinya energi gerak yang terpakai juga semakin besar.
  2. Panas
    Selanjutnya ada energi panas atau biasa pula orang menyebutnya kalor ataupun thermal. Contoh mudah dari sumber energi ini adalah matahari, akan tetapi sebenarnya masih ada banyak lagi lainnya yang bisa menghasilkan energi thermal ini. Ketika mengalami konversi atau perubahan, energi panas membantu berbagai proses dalam keseharian. Contoh mudahnya yaitu ketika Anda memasak, menjemur pakaian dan banyak lagi kegiatan lain yang memanfaatkan energi kalor ini.
  3. Kimia
    Satu dari macam-macam energi yang berhubungan erat dengan kehidupan dan aktivitas sehari-hari adalah energi kimia. Energi ini berasal dari proses penguraian senyawa. Makanan yang kita konsumsi ternyata mengandung juga energi kimia loh! Lebih tepatnya energi tersebut berasal dari zat bahan makana tersebut.
  4. Listrik
    Ada juga energi listrik yang tentunya tidak asing bagi Anda. Keberadaan energi listrik membawa peran dan pengaruh yang signifikan pada kelancaran kegiatan ataupun proses di keseharian. Terlebih pada era digital seperti sekarang. Keberadaan listrik menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat terpisah dari kehidupan. Hal itu juga yang kemudian memunculkan inovasi terkait pembangkit tenaga listrik dari berbagai sumber energi yang berbeda guna memastikan keberadaan sumber energi listrik.
  5. Cahaya
    Terakhir ada energi cahaya. Keberadaan energi ini tentu penting bagi lancarnya aktivitas kehidupan. Seperti Anda ketahui, bahwasanya ketika malam tiba atau ketika cuaca mending, tentu membutuhkan cahaya guna membantu optimalnya penglihatan. Selain itu, dari energi cahaya juga bisa terkonversi menjadi energi listrik seperti konsep panel surya, contohnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa macam-macam energi dan penjelasannya terkait perubahan serta fungsi bagi keseharian kita. Sebenarnya masih ada macam-macam energi lainnya, akan tetapi kami hadirkan yang paling sering bersinggungan dengan aktivitas harian.

Bukan tanpa alasan, ini penting untuk Anda pahami agar bisa bijak memanfaatkan berbagai jenis energi. Terlebih, tidak semua energi bisa untuk diperbarui. Jangan sampai karena minimnya pengetahuan, lantas memanfaatkan energi dengan kurang tepat dan membuat hasil proses ataupun aktivitas tidak maksimal.

Related posts